Sejarah Peninggalan Sunan Kalijaga di Mrapen

 


Sejarah merupakan salah satu ilmu sosial yang mengkaji tentang perubahan, perubahan itu dikaji dan dianalisis berdasarkan data dan fakta zaman. Dalam penulisannya diperlukan pendekatan historis yang tidak terlepas dari aspek ruang dan waktu dalam memahami perkembangan dan perubahan sebuah tempat.

Dalam memahami perubahan Komplek Api Abadi Mrapen secara historis tidak terlepas dari dimensi ruang dan waktu, mulai dari masa klasik kerajaan sampai dengan saat ini. Selama rentang waktu tersebut perubahan kekuasaan di beberapa kerajaan yang ada di Indonesia, juga diikuti perubahan, baik sosial, ekonomi maupun budaya.

Buku ini merupakan bagian dari perjalanan Sunan Kalijaga pada masa peralihan antara Pemerintahan Kerajaan Majapahit dengan Pemerintah Kesultanan Demak Bintoro. Terjadinya perubahan-perubahan akan dibahas dalam buku ini. Oleh karena itu, penulisantentang sejarah perkembangan sebuah tempat sangat penting untuk dijadikan pembelajaran yang bersifat umum, baik edukasi untuk para pelajar dan masyarakat luas, agar perkembangan sebuah tempat tidak
hilang dari catatan sejarah.

0/Post a Comment/Comments