Buku ISLAM MULTIDIMENSI: Menyelami Ragam Tema Populer

 

Islam sebagai agama mengandung sistem yang kompleks dan sempurna dalam berbagai bidang, semisal aqidah atau keyakinan, ibadah, akhlak, sosio-kemasyarakatan, determinasi sejarah, isyarat ilmiah, lingkungan hidup dan sebagainya. 

Islam mengajarkan kepada umatnya agar memiliki hubungan kebaikan yang intens secara vertikal kepada Alloh swt dan horizontal kepada sesama makhluk lainnya. Atas dasar tersebut, Islam menjadi objek yang paling menarik untuk dikaji dan dibahas setiap saat, apalagi jika melihat banyaknya ayat-ayat yang tersebar di dalam Alquran yang memberikan stimulasi kepada umat Islam dengan memberikan ruang yang luas bagi akal dan hati untuk merenungkan, memikirkan dan merasakan segala noumena dan fenomena. 

Tujuan utama dari proses tersebut adalah mendapatkan kepuasan untuk membangun keyakinan dan penghambaan totalitas hanya kepada Alloh swt semata. Menyadari bahwa Islam adalah agama yang fleksibel dan tetap update dalam menjawab segala tentangan dan perkembangan zaman, maka buku ini diberi judul, "Islam Multidimensi: Menyelami Ragam Tema Populer."

Di dalam buku terdapat dalil, renungan, interpretasi, tema aktual dan berbagai problematika dalam kehidupan sehari-hari yang dikomparasikan langsung dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Alquran, hadis dan pemikiran-pemikiran Islam sambil diselingi oleh warna atau sudut pandang penulis. 

Terdapat kurang lebih 30 tema yang diangkat di dalam buku, sesuai dengan interaksi dan impresi yang diterima penulis selama bulan Romadon. Berbagai respon terhadap situasi dan kondisi yang penuh dinamika tersebut menyebabkan berbagai tema yang dibahas menjadi variatif, fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan zaman. 

Buku ini merupakan kelanjutan dakwah lisan yang bertransformasi menjadi dakwah tulisan. Jika dakwah lisan akan hilang seiring berlalunya waktu, maka dakwah tulisan akan tetap bertahan selamanya, selagi masih bisa dibaca dan memberikan inspirasi bagi lintas generasi.

0/Post a Comment/Comments