Pengelolaan Air Untuk Kehidupan

 


Pencemaran air, bencana banjir dan kekeringan silih berganti, dan perubahan iklim adalah masalah air di bumi yang semakin menghawatirkan. Bergabai upaya telah dilakukan oleh para pihak, namun masalah ini terus menyertai kehidupan di bumi.

Air begitu bermakna sebagai air irigasi, untuk menumbuhkan tanaman dan hewan lebih banyak guna mengimbangi kebutuhan pangan populasi manusia yang terus meningkat. Perlu inovasi dalam manajemen air pada skala rumah tangga, kawasan, DAS dan pulau agar air tidak terbuang percuma ke muara.

Bila masalah air di bumi terus berlarut dibiarkan tanpa ada penanganan yang terencana dan masif, maka akan menjadi masalah besar bagi kehidupan manusia di masa depan. Tanpa adanya air, bumi tidak memiliki kemampuan memberikan kehidupan bagi flora, fauna dan manusia. Bila krisis air terus belanjut  jenis dan jumlah tumbuhan dan hewan akan terus berkurang serta menjadikan bumi semakin terlihat gersang. Air akan menjadi factor pembatas pertumbuhan populasi manusia di bumi.

Keserakahan manusia berdampak pada ketidak-seimbangan ekosistem dan perubahan iklim.  Mendesak kiranya segera dibentuk Kementerian Sumberdaya Air dan Lembaga Nasional Pengelolaan Jasa Lingkungan untuk konservasi air demi keberlanjutan semua kehidupan di bumi. Air adalah syarat wajib keberlanjutan kehidupan semua mahluk hidup, khususnya kehidupan manusia.

Harga 50.000

0/Post a Comment/Comments