Pengantar Ilmu Pendidikan Di Era Society 5.0



Dalam lanskap abad ke-21 yang terus berubah, pendidikan menghadapi transformasi fundamental. Buku "Pengantar Ilmu Pendidikan di Era Society 5.0" hadir sebagai panduan komprehensif yang menjembatani pemahaman klasik tentang ilmu pendidikan dengan tuntutan revolusioner dari Society 5.0. Era ini, yang dicirikan oleh integrasi mendalam antara ruang fisik dan siber, menuntut pendekatan pendidikan yang adaptif, inovatif, dan berpusat pada manusia. Buku ini mengupas bagaimana teknologi canggih seperti kecerdasan buatan, big data, dan Internet of Things bukan hanya alat bantu, melainkan pilar utama yang membentuk ekosistem pembelajaran yang baru.

Buku ini secara cermat menganalisis perubahan paradigma yang diperlukan dalam kurikulum, metodologi pengajaran, dan peran guru. Pembaca akan diajak memahami bagaimana pendidikan di Society 5.0 tidak lagi hanya berfokus pada transfer pengetahuan, melainkan pada pengembangan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi (4C), serta literasi digital dan kemampuan adaptasi. Lebih jauh, buku ini membahas etika dan tantangan sosiologis yang muncul seiring dengan kemajuan teknologi, mendorong refleksi mendalam tentang bagaimana pendidikan dapat menciptakan individu yang tidak hanya cerdas secara kognitif, tetapi juga bijaksana dan berempati di tengah gempuran informasi dan otomatisasi.

Sebagai referensi esensial, buku ini sangat relevan bagi para akademisi, mahasiswa, praktisi pendidikan, pembuat kebijakan, dan siapa pun yang tertarik untuk memahami dan mempersiapkan diri menghadapi masa depan pendidikan. Dengan bahasa yang lugas namun mendalam, "Pengantar Ilmu Pendidikan di Era Society 5.0" menjadi jembatan penting untuk menavigasi kompleksitas pendidikan di era digital, memastikan bahwa inovasi teknologi selaras dengan tujuan luhur pengembangan potensi manusia seutuhnya demi terciptanya masyarakat yang lebih cerdas, tangguh, dan berdaya.

0/Post a Comment/Comments

Jasa Penerbitan Buku ISBN