Penulis : Muhammad Ridho Prihatin,
S.Pd., M.Pd., Gr.
Prof. Dr. Dra. Marniati, S.E.,
M.M.
Rianda Usmi, S.Pd., M.Pd.
(Cover atas bawah)
Ukuran A5
Sinopsis
Buku Bahan Ajar Kurikulum Sekolah
hadir sebagai respons atas dinamika pendidikan di Indonesia yang terus
berkembang. Di tengah perubahan paradigma kurikulum dari KTSP, Kurikulum 2013,
hingga Kurikulum Merdeka, peran guru tidak lagi sekadar pelaksana, melainkan
perancang dan pelaku utama pembelajaran yang bermakna. Buku ini menekankan
pentingnya pemahaman reflektif dan kesiapan pedagogis dalam menghadapi
perubahan tersebut.
Ditujukan khusus bagi mahasiswa
program studi kependidikan, buku ini dirancang bukan hanya sebagai referensi
teoritis, tetapi juga sebagai teman dialogis dalam perjalanan menjadi guru
profesional. Gaya penulisan naratif dan komunikatif membuat isi buku mudah
dipahami, dekat secara emosional, dan relevan dengan konteks dunia pendidikan.
Terdiri dari sepuluh bab utama, buku
ini mengulas mulai dari konsep dasar kurikulum, prinsip serta teori
pengembangannya, hingga dinamika dan inovasi dalam implementasi serta evaluasi
kurikulum nasional. Setiap bab diperkaya dengan ilustrasi kontekstual, latihan
reflektif, dan pertanyaan kritis untuk menumbuhkan kesadaran profesional calon
guru.
Dengan pendekatan yang membumi dan
komprehensif, buku ini bertujuan membentuk guru masa depan yang berpikir
kritis, bertindak reflektif, dan berjiwa pembelajar.
Posting Komentar