Penulis: Dr. Khaerudin, M.Pd.
Ukuran A5
Sinopsis:
Buku Pengembangan Kurikulum:
Sebuah Pengantar menyajikan pemahaman dasar mengenai konsep, prinsip, dan
praktik pengembangan kurikulum dalam konteks pendidikan Indonesia. Buku ini
dirancang sebagai panduan awal bagi mahasiswa, pendidik, dan praktisi
pendidikan yang ingin memahami bagaimana kurikulum dirancang, diterapkan, dan
dievaluasi. Dengan bahasa yang lugas dan sistematis, penulis mengulas sejarah
perkembangan kurikulum, berbagai pendekatan dalam penyusunan kurikulum, serta
peran kurikulum dalam mencapai tujuan pendidikan nasional. Pendekatan teoritis
dan praktis dikombinasikan untuk memberikan gambaran utuh mengenai dinamika
pengembangan kurikulum.
Selain membahas landasan filosofis,
psikologis, dan sosiologis kurikulum, buku ini juga mengulas berbagai model
pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman. Penulis memberikan
contoh konkret dan studi kasus untuk membantu pembaca memahami aplikasi nyata
dari konsep yang dibahas. Isu-isu kontemporer seperti kurikulum berbasis
kompetensi, integrasi teknologi dalam pembelajaran, dan penyesuaian kurikulum
terhadap perubahan sosial turut menjadi bagian penting dalam buku ini. Hal ini
menjadikan buku ini tidak hanya relevan secara teoritis, tetapi juga aplikatif
dalam konteks kebijakan dan praktik pendidikan saat ini.
Sebagai buku pengantar, karya ini
sangat cocok digunakan dalam perkuliahan bidang pendidikan dan pelatihan guru.
Buku ini juga dapat menjadi rujukan bagi pengambil kebijakan dan pengembang
kurikulum di tingkat sekolah maupun nasional. Dengan pendekatan yang menyeluruh
dan mudah dipahami, Pengembangan Kurikulum: Sebuah Pengantar diharapkan
mampu membekali pembaca dengan pengetahuan dan keterampilan dasar untuk ikut
serta dalam merancang dan mengembangkan kurikulum yang relevan, adaptif, dan
berpihak pada kebutuhan peserta didik.
Posting Komentar